Rayakan Imlek Dengan 10 Kuliner Istimewa Ini (Part 1)

Nggak terasa ya, Tahun Baru Cina sudah semakin dekat. Banyak pusat-pusat keramaian yang mulai mendekorasi ulang tempat mereka dengan aksesoris-aksesori berwan merah lengkap dengan pohon meihua-nya. Imlek memang selalu ditunggu-banyak orang, karena selain terdapat berbagai perayaan menarik dan unik, saat Imlek juga akan ada banyak hidangan kuliner istimewa yang belum tentu ada di hari-hari biasa. Berikut 5 dari 10 kuliner istimewa saat rayakan Imlek.

  1. Kue Tie/ Jiaozi

Mungkin kamu masih asing dengan nama makanan yang satu ini. Jiaozi atau disebut juga kue tie merupakan makanan tradisional masyarakat Cina yang biasanya disajikan sebagai camilan atau makanan pembuka sebelum perayaan. Jiaozi memiliki bentuk seperti pangsit dan biasanya di isi dengan daging babi atau udang yang dicincang serta aneka macam sayuran. Jadi untuk kamu yang muslim dan sedang merayakan Imlek bersama keluarga atau teman-teman kamu, hati-hati ya, jangan sampai kamu tanpa sengaja memakan jiaozi yang berisi daging babi ini.

Image by https://commons.wikimedia.org

Image by https://commons.wikimedia.org

Jiaozi menjadi salah satu olahan penting yang harus ada saat Thaun baru Cina karena dipercaya sebagai lambang dari kebersamaan. Oleh karena itulah, jiaozi bbiasanya di makan bersam-sama dengan keluarga saat Imlek tiba. Biasanya seluruh keluarga akan berkumpul saat hari istimewa tersebut kemudian menyantap Jiaozi yang telah dibentuk bulat bersama-sama dengan harapan kebersamaan ini akan terus terjalin, juga selalu diberi kesejahteraan dan kemakmuran selalu.

Bentuknya yang bulat secara simbolik memang mirip uang Cina kunoo yang untuk masyarakat Cina dianggap sebagi lambang rezeki yang berlimpah. Namun jangan kaget jika kamu menggigit jiaozi dan menemukan sesuatu yang keras ikut tergigit ya, guys. Beberapa masayarakat Cina juga masih ada yang melakukan hal unik yang merupakan budaya mereka, yaitu memasukan uang koin ke dalam jiaozi. Unik kan?

  1. Pisang Raja

Image by https://pixabay.com

Image by https://pixabay.com

Selain aneka makana unik tadi, ada juga beberapa beberapa buah-buahan yang wajib ada saat perayaaan Tahun Baru Cina. Salah satu diantaranya yaitu Pisang Raja. Pisang raja ini menjadi lambang kekayaan dan kemakmuran oelh masyarakat Cina.

  1. Haisom
File:Haisom Cah Jamur 2.JPG

Image by https://upload.wikimedia.org

Haisom merupakan timun laut yang menurut masyarakat Cina diartikan sebagai lambang sebuah harapan dan doa agar rezeki berlimpah dan banyak serta agar selalu senantiasa ulet dalam kehidupan.

  1. Kuaci
File:Pumpkin Seeds.jpg

Image by https://upload.wikimedia.org

Kuaci yang biasa digunakan sebagai teman ngemil sehari-hari bersama keluarga atau teman ternyata menjadi hidangan istimewa untuk masyarakat Cina saat Imlek loh. Kuaci menjadi simbol untuk kesuburan, sehingga saat Imlek, kuaci sering disajikan bersama makanan kecil lainnya seperti permen dan kacang. Camilan yang terbuat dari biji bunga matahari ini memang sangat disukai banyak orang, terutama karena rasanya yang gurih dan khas.

  1. Ca Rebung
File:Brotes de bambú enlatados.JPG

Image by https://upload.wikimedia.org

Ca rebung atau biasa juga disebut Bu Bu gao Sheng oleh masyarakat Cina, merupakan salah satu masakan khas Imlek yang harus disajikan. Ca rebung adalah makanan yang diolah dengan berbahan dasar tunas bambu. Dalam Tahun Baru Cina olahan ini memilki makna semakin lama semakin sukses dalam berbagai aspek seperti dalam kesehatan dan berbagai aspek kehidupan lainnya, sama seperti filosofi tunas bambu, semaki lama akan tumbuh semakin besar dan tinggi.

Nah, itu tadi 5 dari 10 kuliner istimewa untuk merayakan Tahun Baru Imlek. Simak 5 kuliner lainnya diartikel berikutnya ya. Selamat merayakan Tahun Baru Imlek bersama keluarga.

Tinggalkan Balasan