Rayakan Imlek Dengan 10 Kuliner Istimewa Ini (Part 2-End)

Setelah di artikel sebelumnya ada Ca Rebung, Kuaci, Haisom, Pisang Raja dan Kue Tie atau Jiaozi, di artikel ini kamu bisa mengenal 5 kuliner unik nan istimewa lainnya yang pasti ada saat perayaan Tahun Baru Imlek. Berikut ke-5 kuliner istimewa tersebut.

  1. Lapis Legit
File:Kue Lapis Legit.JPG

Image by https://upload.wikimedia.org

Kue yang memiliki bentuk sajian yang terdiri dari lapisan-lapisan ini menurut masyarakat Cina memiliki makna rezeki yang akan datang ditahun berikutnya akan berlapis-lapis sehingga hidup akan terasa lebih manis dan legit seperti nama kue ini. Memang kue ini memiliki rasa yang legit dan manis karena bahan-bahan untuk membuatnya yang terdiri dari telur, mentega, susu, gula halus dan bumbu spekkoek. Pantas saja semua orang suka ya.

  1. Sup Hipio
Image by https://commons.wikimedia.org

Image by https://commons.wikimedia.org

Sup hipio merupakan olahan laut khas Tahun Baru Cina yang mungkin paling mewah dan banyak disukai semua orang. Sup Hipio yang sebenarnya dibuat dari sirip ikan hiu yang dimasak sedemikian rupa sehingga menjadi olahan khas Imlek yang sanagt lezat. Karena sirip ikan hiu nggak selalu dapat ditemukan, banyak yang kemudian mengganti bahan yang satu ini menggunakan bahan lainnya, meskipun hasil akhir masakan ini nantinya nggak bisa lagi disebut sebagai sup hipio karena bahannya yang nggak orisinal.

Beberapa bahan yang biasa digunakan untuk mengganti sirip ikan hiu sebagai bahan dasar utama untuk membuat sup hipio biasanya menggunakan gelembung renang ikan atau perut ikan. Makanan ini memiliki makna keuletan dan ketahanan dalam menghadapi berbagai macam kesulitan dalam kehidupan, baik masalah karir, hubungan, pendidikan dan berbagai masalah lainnya.

  1. Bebek Panggang
File:Bebek panggang.JPG

Image by https://upload.wikimedia.org

Kalau Thanksgiving identik dengan olahan kalkunnya, lain lagi dengan Tahun Baru Cina ini, guys. Tahun Baru Cina bisa dikatakan identik dengan olahan bebek panggangnya. Meskipun nggak memiliki nama sebutan unik seperti aneka makanan khas imlek lainnya, namun bebek panggang ini merupakan sajian istimewa karena nggak biasa disajikan setiap saat di meja makan, hanya pada hari-hari tertentu saja. Salah satunya saat hari istimewa Tahun Baru Cina.

  1. Telur Rebus
Berkas:HK Sai Ying Pun Des Voeux Road West Tea Eggs Snack Shop.JPG

Image by https://upload.wikimedia.org

Di Indonesia ada kebiasaan merebus telur dengan teh saat tahun baru Cina. Hal ini dipercaya sebagai lambang kesuburan karena rebusan telur dan teh ini dapat  meningkatkan energi dan stamina. Biasanya rebusan ini dicampur dengan berbagai rempah dan bahan-hbahan lainnya seperti kayu manis, kecap asin, dan lada hitam.

Campuran dari bahan-bahan tersebut akan menjadikan aroma telur menjadi lebih harum dan rasanya menjadi unik, sedikit asin dan ada rasa manisnya. Selain itu tampilan telurnya akan mengkilap seperti marmer yang sangat cantik. Penasaran kan, mau mencicipi rasa otentiknya?

  1. Nuo Mi Fan
File:HK 大快活 Cafe de Coral Tea time 糯米飯 Glutinous Mochi Rice Nuo Mi Fan with 蔥粒 Spring Onion Jan-2012.jpg

Image by https://upload.wikimedia.org

Nuo Mi Fan adalah salah satu olahan istimewa untuk Tahun Baru Cina yang berbahan dasar dari beras ketan. Beras ketan ini kemudian dimasak menjadi kue ketan yang memiliki tekstur lengket ala Kanton, Cina. Menurut masyarakat setempat, kue ketan memiliki makna kekompakan dan kebersamaan dalam keluarga.

Nah, guys, sudah lengkap semua kuliner unik yang pasti ada saat perayaan tahun Baru Imlek yang wajib kamu tahu ini. memang pada dasarnya semua masakan yang disajikan memiliki makna sendiri-sendiri. Cara menyajikan juga cara memakannya juga harus menurut aturan tertentu. Kalau kamu penasaran dan  kamu belum membaca 5 kuliner istimewa lainnya, temukan lalu baca saja pada artikel sebelumnya ya. Selamat Tahun Baru Cina!

Tinggalkan Balasan