Tips Menjaga Kesehatan Jantung

heart-960458_960_720

Image by : Pixabay.com

Jantung adalah organ yang sangat penting dan vital bagi manusia karena begitu jantung berhenti maka hidup manusia pada saat itu juga akan berhenti. Jantung berfungsi untuk memompa mengalirkan darah ke seluruh tubuh serta mengedarkan makanan ke sel-sel tubuh. Anda perlu memerhatikan kesehatan jantung anda sejak dini karena serangan jantung tidak hanya terjadi pada orang yang sudah tua. Telah banyak kejadian serangan jantung yang terjadi pada orang yang baru berumur 30 tahunan.

Beberapa tips yang bisa anda coba untuk menjaga agar jantung anda tetap sehat antara lain:

  1. Menjalankan pola hidup yang sehat seperti rutin berolahraga. Olahraga yang secara teratur seperti lari dapat membantu melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Selain itu olahraga juga dapat membantu menguatkan otot jantung. Orang yang rutin berolahraga, resiko terkena penyakit jantung lebih kecil 60 persen dibanding orang yang jarang berolahraga.
  2. Mulailah mengonsumsi makanan -makanan sehat dan berhenti mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak karena lemak yang berlebih dapat menyumbat pembuluh darah di jantung yang menyebabkan stroke. Selain itu jauhi juga makanan yang mengandung banyak garam karena meningkatkan juga resiko kolesterol yang dapat menjurus ke penyakti jantung. Jauhi juga minuman yang beresiko meningkatkan serangan jantung seperti minumam beralkohol.
  3. Penyakit jantung juga beresiko lebih tinggi terjadi pada sebagian besar orang yang mengalami obesitas sehingga anda perlu menjaga berat badan anda agar tidak berlebihan. Resiko penyakit jantung menurut sebuah penelitian , semakin tinggi berat badan maka resiko tersebut akan semakin cepat beberapa tahun.
  4. Bagi yang anda merokok maka disarankan anda berhenti merokok karena merokok adalah salah satu penyebab utama penyakit jantung. Resiko terkena penyakit jantung menurut penelitian bisa sampai 92 persen lebih besar dibanding yang tidak merokok.
  5. Kurangi konsumsi makanan yang mengandung gula dan karbohidrat karena dapat menyebabkan penyakit diabetes yang dapat berpengaruh besar juga terhadap jantung.
  6. Kurangi stres karena stres cenderung menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi dan hal ini akan menyebabkan penyakit darah tinggi yang menyebabkan kolesterol yang menyebabkan penumpukan plak di saluran pembuluh darah arteri.

Selain tips di atas anda perlu juga mengetahui penyebab atau gejala penyakit jantung agar dapat dilakukan pencegahan dini. Gejala tersebut antara lain adanya nyeri yang sangat hebat di bagian dada. Jika ini terjadi segeralah lakukan pengecekan ke dokter karena hal ini bisa dikarenakan pasokan oksigen ke jantung sudah berkurang yang bisa diakibatkan oleh adanya penyumbatan dalam pembuluh darah.

Bebarapa makanan sehat yang dapat meningkatkan kesehatan jantung antara lain.

  1. Biji-bijian. Biji-bijian memiliki banyak antioksidan yang dapat membantu mencegah penyakit jantung koroner. Jenis biji ini antara lain gandum, dan beras merah.
  2. Kacang-kacangan. Kacang memiliki lemak tak jenuh yang aman bagi jantung. Contoh kacang yang menurut penelitian baik bagi kesehatan jantung antara lain : walnut , almond ,pistachio.
  3. Teh hijau. Minum teh hijau setiap hari menurut penelitian sangat baik bagi kesehetan jantung.
  4. Ikan Salmon. Salmon memiliki asam lemak omega 3 yang berguna untuk menurunkan tekanan darah. Jenis ikan ini jika dikonsumsi dalam jangka panjang dapat menurunkan resiko penyakit jantung
  5. Apel. Menurut penelitian, makan satu apel per hari dapat membantu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh yang dapat mengurangi resiko serangan jantung.

Itulah beberapa cara merawat jantung. Yuk, mulai biasakan hidup sehat dan mulai kebiasaan sehat. Kalau bukan diri kita siapa lagi yang merawat. Ingat, ada keluarga yang membutuhkan diri kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *