Jadi Orang Kreatif? Gimana Caranya Ya?!

Kamu pasti sudah sangat hapal dengan istilah “thingking out of the box (berpikir di luar kotak)”. Nggak di lingkungan sekolah, nggak di lingkungan kerja, istilah yang satu ini hampir selalu dilontarkan, apalagi kamu yang bercimpung di dunia seni, dunia yang bisa dikatakan penuh dengan orang-orang kreatif. Bisa dipastikan kalau kreatifitas adalah modal utama kamu untuk bekerja dan menghasilkan sebuah karya.

Tapi jangan pernah berpikir kalau orang yang bisa berpikir kreatif adalah orang-orang tertentu, guys. Kreatif bukanlah sebuah bakat, tapi kemampuan yang bisa kamu pelajari sendiri. Ide-ide kreatif ini terkadang muncul begitu saja selama sekejab dan kemudian hilang lagi. Dan kadang dalam beberapa kesempatan ide-ide kreatif yang sudah kamu tunggu-tunggu malah nggak bisa muncul di kepala. Trus, gimana dong caranya biar ide-ide kreatif ini bisa muncul dikepala kamu? Coba saja 5 tips ini untuk memunculkan ide-ide kreatif yang terpendam dalam pikiran kamu itu!

Image by https://pixabay.com

  1. Meditasi

Orang kreatif juga perlu ketenangan loh! Salah satu cara yang mudah dan efektif adalah dengan cara meditasi. Menurut sebuah penelitian, meditasi bisa mendorong pikiran kreatif kita untuk muncul. Kalau kamu nggak punya waktu untuk meditasi saking sibuknya, kamu bisa mencoba alternatif lain misalnya dengan mengambil beberapa menit dari waktu kamu untuk sekadar membuat pikiran kamu tenang. Beristirahatlah sejenak, ambil napas dalam-dalam dan hembuskan secara perlahan.

  1. Istirahat Sejenak Perlu Loh

Istirahat yang dimaksud disini bukan sembarang istirahat seperti yang biasa kamu lakukan loh. Istirahatnya orang yang kreatif tentu saja berbeda. Kamu bisa mencobanya dengan cara sekali-kali berkebun atau berjalan-jalan santai. Pastikan kamu tetap memilki ruang gerak untuk membiarkan pikiran-pikiran kreatif kamu muncul kembali menjadi sebuah ide.

  1. Tidur Sebentar Yuk!

Tidur adalah salah satu kegiatan yang bisa dikatakan wajib dilakukan oleh semua orang. Banyak sekali manfaat dari tidur untuk diri kamu. Salah satunya adalah membiarkan pikiran kamu beristirahat sejenak dan bermimpi atau menciptakan ide keren.Tapi tentu saja kamu juga harus memperhatikan waktu tidur kamu agar nggak terlalu berlebihan atau kekurangan karena nggak baik untuk kesehatan kamu.

  1. Buat Sedikit Kehebohan

Membuat kehebohan di sini bukan berarti kamu harus berteriak-teriak atau melakukan hal-hal aneh nggak wajar agar lingkungan sekitarmu menjadi ramai. Membuat kehebohan dalam hal ini adalah membuat sebuah kebisingan yang optimal dan cocok agar telinga dan pikiran kamu nggak tertekan dengan ‘kebisingan’ yang sepi. Pastinya bisa kamu rasakan kan, betapa ‘memekakkan’nya telinga saat suasa di sekitar kamu malah sepi?

  1. . Hijau..

Hijau memang salah satu warna yang diyakini memiliki pengaruh positif bagi penikmatnya. Ketika melihat sesuatu yang berwana hijau, perasaan akan menjadi terasa tenang dan rileks, damai. Kita jadi ‘dipaksa’ untuk memikirkan tumbuh-tumbuhan dan warna alam saat melihat warna yang satu ini. dan tiba-tiba saja ide kreatif muncul begitu saja di kepala.

Gimana, guys? Sudah mencoba ke 5 tips ini? point mana yang paling efektif menurut kamu setelah mencoba? Yang paling penting, jangan pernah menyerah untuk menjadi seorang yang  kreatif. Pemikiran keatif dibangun dari hal-hal kecil juga kok. Hal-hal yang mungkin bahkan nggak pernah terpikir oleh kamu bisa menjadi sebuah ide yang keren.  Kalau kamu belum menemukan yang sesuai dengan kamu, yuk intip tips-tips lainnya di artikel selanjutnya!

 

Tinggalkan Balasan