Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Menggunakan Aplikasi Smartphone!

Pesatnya perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kegiatan perdagangan. Salah satu imbasnya adalah munculnya toko-toko online yang menjual aneka macam produk. Kalau sebelumnya kamu harus pergi berbelanja keluar rumah untuk membeli sesuatu yang kamu inginkan, saat ini kamu cukup duduk santai dirumah dan memesan apa yang kamu inginkan melalui gadget kamu.

Menurut Daily Social, pengguna smartphoone di Indonesia bahkan telah mendominasi dengan penggunaan internet mencapai 84% dengan 65% diantaranya minimal melakukan satu transaksi setiap bulannya saat mengunjungi toko online. Berbanding terbalik dengan hal tersebut,  dalam laporan ESET tahun 2015, Indonesia menjadi peringkat ke-6 mengenai pengetahuan tentang proteksi diri saat online.

Kemudahan berbelanja ini memang sangat menguntungkan, namun ada juga sisi negatifnya. Salah satunya yaitu penggunaan peluang baik ini dengan nggak semestinya. Banyak toko online abal-abal yang bermunculan dan akhirnya banyak orang dirugikan. Makanya, kamu harus perhatikan 5 hal ini sebelum menggunakan aplikasi smartphone!

Image by https://www.flickr.com

  1. Gunakan Aplikasi Resmi Yang Dikeluarkan Situs

Terkadang tanpa kamu tahu, sebuah toko online menggunakan jasa pihak ketiga untuk aplikasi-aplikasinya. Padahal aplikasi pihak dari pihak ketiga kebanyakan nggak melalui pemeriksaan keamanan hingga rentan disusupi malware. Maka dari itu, kamu harus hati-hati saat akan menggunakan aplikasi toko-toko online. Teliti terlebih dahulu apakah aplikasi tersebut benar-benar keluaran resmi toko tersebut.

  1. Perhatikan Dengan Teliti Permintaan Akses Pada Aplikasi Tersebut

Jika kamu perhatikan, setiap kamu akan menginstal sebuah aplikasi baru pasti selalu ada permintaan akses pada aplikasi kamu. Nah, pelajari dengan teliti terlebih dahulu ya, guys. Jangan asal pilih approve dan langsung instal. Bisa-bisa tanpa kamu tahu hak admin kamu berpindah ketangan orang lain dengan menyetujui hak akses aplikasi. Kalau sudah begini orang lain bisa memilki hak akses dan bahkan mengontrol gadget kamu dan melakukan kegiatan-kegiatan ilegal tanpa kamu tahu. Serem kan?

  1. Hati-Hatilah Saat Menyimpan Informasi Pribadi Yang Penting

Hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah berhati-hati saat akan menyimpan informasi pribadi ke dalam gadget kamu seperti nomor kartu kredit, username dan password. Kalau kamu nggak hati-hati dan ada orang yang berhasil menyusup ke gadget kamu, bisa-bisa akun kamu digunakan dan dibobol orang tanpa kamu tahu.

  1. Pastikan Selalu Mengunci Gadget Kamu

Kalau kamu ngotot ingin menyimpan informasi pribadi dalam gadget karena alasan kepraktisannya, boleh-boleh saja sih. Pastikan saja kamu lebih berhati-hati dengan cara selalu mengunci gadget kamu, sehingga orang lain nggak akan bisa mendapatkan hak akses dengan mudah.

  1. Selalu Gunakan Browser Yang Dilengkapi Dengan Fitur Keamanan Lengkap

Kalau kamu terpaksa harus menggunakan suatu browser tertentu, kamu harus memastikan browser tersebut punya kelengkapan keamanan yang oke. Misalnya browser tersebut dilengkapi dengan fitur payment protection atau banking protection. Bisa dipastikan kenyamanan dan keamanan kamu dalam bertransaksi online lebih terjamin.

Teliti dan jeli memang sangat diperlukan. Apalagi untuk zaman sekarang yang maunya serba cepat dan mudah. Memang teknologi sangat dibutuhkan, tapi kamu juga harus memikirkan resikonya dan harus mewaspadai kemungkinan-kemungkinan buruk yang mungkin mengikutinya. Nggak Cuma teknologi yang berkembang, kejahatanpun juga berkembang seiring perkembangan teknologi. Lihat saja modus-modus kejahatan yang ada saat ini, menakutkan, kan? Jangan berikan kesempatan kepada mereka untuk berbuat jahat salah satunya dengan menerapkan 5 tips tadi pada diri kamu sendiri. Yuk jadi masyarakat yang pintar!

Tinggalkan Balasan