7 Tips Untuk Mengenali Situs-Situs Online Shop ‘Palsu’ (Part 2-End)

Setelah kamu mengenali situs-situs ‘palsu’ atau abal-abal dari 3 tips yang dibagikan di artikel sebelumnya, kali ini ada 4 tips lagi yang musti kamu perhatikan agar nggak tertipu dengan situs-situs ‘palsu’ atau abal-abal yang banyak bermunculan di dunia maya. Coba saja kamu ketikan satu kata kunci yang berkaitan dengan situs jual beli online di salah satu search engine di gadget kamu. pasti dalam waktu beberapa detik saja akan muncul puluhan, ratusan bahkan ribuan artikel dan alamat situs yang muncul. Hal ini tentunya membuat kamu bingung memilih, manakah situs yang ‘asli’ dan manakah yang situs ‘palsu’. Yuk langsung simak kelanjutannya disini!

Image by https://www.flickr.com

  1. Perhatikan Url Situs

Satu hal penting yang harus kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk percaya pada sebuah situs jual beli online adalah alamat URL situs tersebut. Perhatikan apakah URL situs tersebut nggak aneh. Teliti penggunaan domain situs, karena toko-toko resmi dan terpercaya pasti memiliki nama domain sendiri dan pastinya namanya nggak akan aneh-aneh.

Bisa dipastikan bahwa situs-situs resmi pasti akan membuat situs mereka sendirir memakai sesorang yang ahli atau dengan membeli situs yang sudah jadi dan tinggal mengisi. Nah, mungkin ada beberapa orang yang tidak bertanggung jawab mencoba untuk mengambil peluang ini dengan menciptakan situs-situs dengan nama yang mirip atau yang terlihat profesianal agar kamu yang nggak jeli masuk dalam perangkap mereka. Jangan sampai kamu tertipu dengan situs-situs jula beli yang ternyata abal-abal alias ‘palsu’ ya.

  1. Perhatikan Produk Yang Dijual

Kalau kamu sudah memperhatikan nama URL situs dan ternyata nggak aneh, langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah memeriksa barang-barang yang di jual dalam situs tersebut. Pastikan produk-produk yang dijual nyambung, nggak mencurigakan. Misalnya saja kalau kamu mengunjungi sebuah situs yang khusus menjual produk hijab dan aksesorisnya, tapi ternyata kamu juga mendapatkan barang-barang seperti bahan konstruksi dan alat-alat mekanik yang pastinya nggak nyambung banget. Jangan beli disitu deh!

  1. Perhatikan Dengan Seksama Deskripsi Setiap Produk Sebelum Membelinya

Nah, kalu cek URL dan produk sudah, langkah selanjutnya adalah mengecek dengan teliti deskripsi setiap produk yang ingin kamu beli. Jangan tergiur dengan gambar-gambar produk saja ya, karena gambar tersebut belum tentu merupakan gambar aslinya. Namanya juga promosi. Jangan sampai kamu kecewa dan merasa ditipu saat barang sudah sampai ke kamu nantinya.

Biasanya deskripsi produk dibuat oleh seorang copywriter khusus yang sudah ahli dibidangnya. Jadi bisa dipastikan situs jual beli resmi yang terpercaya akan memiliki deskripsi produk yang sederhana, menarik, komplit, dan mudah diingat pembacanya, nggak asal-asalan. Kalau deskripsi produknya hanya asal-asalan bisa dipastikan mereka nggak profesional dan situsnya meragukan.

  1. Perhatikan Tampilan Situs

Terakhir yang harus kamu perhatikan untuk melihat apakah situs itu abal-abal adalah desain situs tersebut. Nggak perlu ahlinya kok untuk tahu apakah situs tersebut asli atau palsu, cukup dengan melihat sekilas desain situs tersebut, bisa kamu tentukan situs tersebut asli atau tidak. Kalau tampilan situs sesuai dengan produk yang dijualnya, kemungkinan situs tersebut memang resmi, tapi kalau tampilan situs tersebut terkesan asal-asalan dan nggak tertata dengan baik, kamu harus mencurigainya, guys.

Ternyata banyak sekali yang perlu kamu teliti ya, guys. Tapi nggak apa-apa, yang penting kamu aman dari penipuan situs-situs jual beli online ‘palsu’ itu. Ya, nggak?

Tinggalkan Balasan