5 Masalah Kesehatan Yang Wajib Kamu Waspadai Saat Musim Hujan

Musim hujan memang sedikit banyak berpengaruh terhadap kesehatan. Bukannya mau menyalahkan hujannya, loh. Tapi resiko yang dibawa hujan kalau kamu nggak memiliki persiapan yang oke memang kadang membuat berbagai hal negatif dengan leluasa berdatangan dan mengancam. Salah satu hal negatif tersebut adalah resiko penyakit yang merajalela di musim ini. Apa saja masalah kesehatan yang bisa terjadi saat musim hujan? Yuk simak!

Image by https://pixabay.com

  1. Flu/Influenza

Flu adalah salah satu penyakit yang banyak menjangkiti saat musim hujan tiba. Influenza disebarkan melalui virus dan dapat menular kalau terjadi kontak langsung antara si penderita dengan orang sehat. Untuk mengatasinya, kamu harus menjaga ketahanan tubuh kamu agar nggak mudah tertular virus ini atau dengan mencegah tertular virus ini dengan menjaga kebersihan tubuh kamu, terutama tangan.

Cucilah tangan menggunakan air bersih atau sabun. Hindarilah memegang bagian tubuh tertentu terlalu sering dengan tangan kamu. Bagian tubuh yang biasanya menjadi media penularan virus seperti hidung, mata dan mulut harus diluar jangkauan tangan yang nggak steril.

  1. Diare

Penyakit kedua yang sering menjangkiti saat musim hujan tiba adalah diare. Diare disebabkan oleh amuba dan parasit cacing yang masuk melalui kulit. Karena cara infeksinya ini, semua orang termasuk kamu akan sangat rentan terkena penyakit yang satu ini.

Untuk mengatasinya sebenarnya cukup sederhana. Biasakan untuk selalu mencuci tangan dan kaki serta menggunakan alas kaki agar parasit dan kotoran nggak bisa masuk ke kulit kamu. Selain itu kamu juga harus selalu menjaga kebersihan di sekitar lingkunganmu, jangan membuang sampah sembarangan. Untuk berjaga-jaga, siapkan juga oralit di rumah sebagai pertolongan pertama untuk diare.

  1. Demam Berdarah

Dibandingkan dengan flu dan diare, demam berdarahlah penyakit yang paling berbahaya saat musim hujan tiba. Meskipun demam berdarah jarang terjadi namun demam berdarah berat bisa menyebabkan komplikasi bahkan kematian kalau nggak ditangani dengan tepat.

Nggak ada obat khusus untuk mengobati penyakit yang satu ini, namun ada beberapa cara ampuh yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya. Meminum banyak cairan, minum parasetamol, minum jus jambu klutuk dan istirahat yang cukup adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi demam berdarah. Biasanya dalam waktu 7 sampai 14 hari, demam berdarah dapat sembuh dengan cara ini.

  1. Leptospirosis

Leptospirosis adalah salah satu penyakit yang termasuk dalam penyakit zoonosis, yaitu penyakit yang ditularkan melalui hewan. Penyakit ini diakibatkan sebuah bakteri yatu leptospira. Di Indonesia, bakteri ini terutama dihasilkan oleh tikus melalui kotorannya.

Untuk mengatasinya, kamu harus selalu menjaga kebersihan lingkungan kamu, sehingga tikus-tikus enggan bersarang. Saat terjadi banjir, hindari daerah banjir dan kalau terpaksa kesana, selalu gunakan sepatu boot.

  1. Ispa

Infeksi Saluran Pernapasan Akut atau ISPA dapat terjadi karena virus, bakteri maupun mikroba-mikroba lainnya. Tanda-tanda seseorang terkena penyakit ini adalah demam dan batuk, sesak napas bahkan sampai nyeri dada.

Untuk mengatasinya cukup sederhana, kamu hanya harus cukup istirahat dan meningkatkan daya tubuh kamu. Selain itu, kamu juga harus memeriksakan diri kepada ahlinya agar mendapatkan pengobatan yang sesuai degan gejala yang kamu derita dan mencegahnya menular kepada orang lain.

Meskipun saat ini kamu merasa sehat-sehat saja, tapi ada baiknya kamu waspada, guys. Persiapkan diri kamu menghadapi musim hujan. Jangan sampai terkena masalah kesehatan. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan