Malas Minum Air? Awas Kena 6 Efek Negatif Ini Loh!

Air merupakan bagian yang sangat penting dalam kehidupan, bahkan Allah menciptakan Bumi dengan 2/3 bagiannya berupa air sedangkan 1/3 nya berupa daratan.  Air juga merupakan cairan yang sangat penting untuk tubuh kita. Bahkan kita masih dapat bertahan hidup jika tidak makan selama seminggu, tapi kita tidak akan bisa bertahan hidup tanpa air selama lebih dari 3 hari.

Para ahli sendiri menganjurkan untuk meminum air sedikitnya 8 gelas atau 2 liter air setiap hari. Sudahkah kamu memenuhinya?  Lalu apa saja sih, efek negatif  yang akan mempengaruhi tubuh jika kamu kekurangan air? Berikut 6 diantaranya. Yuk simak!

water

Image by https://pixabay.com

  1. Darah Menjadi Lebih Kental

Darah dalam tubuh 92% nya terdiri atas air, sehngga saat kamu kekurangan air, darah akan menjadi lebih kental. Hal ini dapat menjadi penyebab berbagai permasalahan kesehatan lainnya seperti pusing, lemas, pegal-pegal, anemia, mudah mengantuk, sakit kepala, sakit mata, sering migrain dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

  1. Kolesterol Meningkat

Kolesterol tidak hanya diakibatkan oleh konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak, namun juga bisa disebabkan kekurangan cairan dalam tubuh. Saat tubuh kita kekurangan cairan, secara otomatis tubuh kita akan menahan air dalam sel dan memproduksi kolesterol dalam jumlah lebih banyak sebagai gantinya.

  1. Konstipasi Atau Sembelit

Kekurangan cairan mungkin terlihat seperti masalah yang sepele karena dampak yang ditimbulkannya cenderung tidak berakibat secara langsung kepada kesehatan dan dianggap tidak sampai mengancam nyawa.

Satu lagi dampak yang terlihat jika tubuh kekurangan air yaitu sembelit. Karena kekurangan air, makanan akan bergerak ke usus besar secara perlahan, sehingga sisa-sisa makanan yang sudah dicerna akan jadi susah keluar. Banyak yang menyarankan agar mudah BAB, untuk mengkonsumsi buah-buahan yang kaya serat karena mengandung banyak air.

  1. Dehidrasi

Saat kekurangan air, kita cenderung akan mengalami dehidrasi, baik dehidrasi ringan yang dapat diantisipasi dengan meminum air, maupun dehidrasi akut yang harus ditangani oleh dokter. Dehidrasi akut bahkan dapat menyebabkan seseorang pingsan dan bahkan meninggal. Ngeri ya, guys!

Saat kekurangan air, tubuh kita tidak dapat secara maksimal menghilangkan racun dalam tubuh. Padahal hal itu sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh terhadap zat-zat asing yang secara tak sengaja ikut masuk ke dalam tubuh kita.

  1. Mudah Lelah

Kekurangan air juga dapat menyebababkan tubuh kamu mudah lelah, karena enzim tubuh akan lebih lambat dalam beraktivitas dibandingkan saat tubuh kamu memiliki air yang cukup. Apalagi saat kita sedang beraktifitas, baik bekerja maupun berolahraga, kita akan mudah lelah dan untuk mengembalikan energi, biasanya kita dianjurkan untuk banyak meminum air, terutama air putih.

  1. Racun Tidak Dapat Keluar Tubuh

Air berperan penting dalam tubuh untuk membantu melancarkan peredaran darah, membantu kerja ginjal dalam menyaring zat-zat asing yang masuk kedalam tubuh. Apabila tubuh kamu kekurangan air, racun dan bakteri berbahaya yang seharusnya ikut keluar bersama dengan zat-zat lainnya bersama kotoran, tidak bisa ikut terbuang. Sehingga berbagai masalah kesehatan seperti peradangan, nyeri, ginjal dan berbagai penyakit lainnya dapat menyerang kamu.

Banyak sekali kan akibat jika tubuh kita kekuragan air, guys! Dan sebagian besar diantaranya merupakan hal-hal yang mungkin kamu anggap sepele. Padahal dalam kenyataannya, hal-hal tersebut jika dibiarkan saja akan berakibat fatal. Lebih baik mencegah dari pada mengobati. Yuk jaga kesehatan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *