Tips Agar Anak Tidak Terpengaruh dengan Tayangan Buruk di TV

Tayang di televisi saat ini bisa dikatakaan sebagai sesuatu yang memiliki pengarh besar  terhadap kehidupan masyarakat terutama anak-anak. Semakin maraknya tayangan televisi yang kurang cocok untuk menjadi konsumsi anak-anak namun justru sangat digemari oleh anak. Orang tua perlu untuk menyadari bahwa kehidapan anak akan sangat banyak dipengaruhi dengan apa yang mereka lihat. Oleh karena itu, orang tua harus mengetahui menganai dampak tayangan ang kuran g bermnafaat atau bahakn cenderung menimpang. Tayangan buruk di TV bisa menjadi salah satu factor yang merusak mental anak apabila orang tua cauh terhadap hal seperti ini. Berikut ini adalah beberap hal yang isa orang tua lakukan untuk membuat anak terhindar atau paling tidak bisa mengurangi dampak buruk dari tayangan TV yang buruk.

Memberikan pengertian kepada anak

Anak-anak masih belum banyak mengerti dengan apa yang mereka lihat. Orang tua yang tidak memberikan pengertian mengenai mana hal yang baik untuk di contoh dan mana hal yang sebaiknya jangan dicontoh bisa membuat anak salah dalam mengikuti teladan. Bnayk saat ini anak-anak yang mengidolakan artis meskipun artis tersebut memiliki peran yang kurang baik. orang tua yang peduli terhadap anaknya akan selalu mengawasi apa yang anak lihat dan memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya mengenai yang di idolakan. tayangan buruk di TV bisa berdampak pada mental anak untuk selalu mengikuti apa yang mereka lihat meskipun hal tersebut menyimpang. Meluruskan yang salah adalah tugas orang tua kepada anaknya.

Selalu memberikan masukan yang baik

anak-anak terkadang malas untuk mengatakan atau menceritakan mengenai apa yang dilihatnya kepada orang tua. Anak justu lebih senang untuk bercerita kepada temannya yang sama-sama menyukai tayangan yang sering dilihat. Orang tua yang terlalu sibuk dan tidak memberikan waktu untuk memberikan pengertian pad anak juga bisa membuat anak mudah terkenan efek tayangan buruk di TV.

Jangat takut untuk menasehati anak

Apabila orang tua melihat anaknya meniru idolanya yang sering dilihat di tayangan tidak bermanfaay  di TV maka sebaiknya segera untuk dinasehati dan di luruskan dengan cara yang baik. Mengajari anak untuk patuh dan mendengarkan nasehat orang tua memang harus di tanamkan sejak masih kecil sehingga saat dewasa anak akan lebih mudah untuk diajak berdiskusi dan saling menasehati. tayangan buruk di TV bukan hanya merusak kehidupan anak namun bisa berdampak pada kehidupan lingkungan anak.

Memilihkan tayangan yang bagus

Oraang tua memiliki hal untuk memberikan tayangan yang baik untuk anak. Apabila orang tua melihat tayangan yang kurang baik maka jangan biarkan anak untuk melihatnya. Semakin telaten orang tua untuk mendidik anak maka anak akan terbentuk dengan baik sesuai dengan apa yang diajarkan oleh orang tua. Selain memilihkan tayangan yang baik dan menghindarkan tayangan buruk di TV, orang tua bisa memberikan kegiatan lain agar anak tidak sempat untuk melihat telebvisi. Tayangan buruk TV akan semakin jarang di lihat ketika anak memiliki kesibukan positif.

Tayangan buruk di TV adalah sesuatu yang sangat mampu berpotensi untuk mempengaruhi kehidupan anak. Sebenarnya bukan hanya anak-anak saja namun remaja hingga orang tua juga banyak yang meniru apa yang pernah di lihat dari televisi. Dampak dari tayangan yang buruk di TV ini memang benar—benar sudah banyak dibuktikan akhir-akhir ini. Banyak anak yang suka berkelahi tawuran pacarn, hingga hal-hal menyimpang lainnya akibat dari pergaulan dan juga tayangan yang tidak bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *