Keunikan Sumatera Barat Yang Wajib Kamu Tah

Membicarakan Sumatera Barat memang tak ada habisnya. Sumatera Barat memang menyimpan pesona yang luar biasa. Membicarakan Sumatera Barat tak lengkap rasanya jika kita tak mengetahui keunikannya. Dengan mengetahui keunikan Sumatera Barat, itu adalah salah satu cara agar kita semakin mencintai negeri kita.

Keunikan Sumatera Barat banyak sekali. Mungkin jika dijabarkan tidak akan ada tandingannya hehe. Tapi kami akan mencoba menulis beberapa keunikannya untuk anda. Apa saja? Simak yuk

Misteri Jam Gadang

Jam Gadang merupakan salah satu Landmark dari kota Padang yang paling populer dan menjadi salah satu keunikan Sumatera Barat. Mungkin kamu tidak merasa ada yang aneh dengan jam Gadang ini, tapi tahukah kamu kalau jam Gadang ini memiliki misteri tersembunyi. Coba perhatikan pada bagian angkanya. Pada angka jam, angka 4 tidak ditulis dengan huruf romawi, tetapu dengan angka IIII. Banyak cerita yang beredar tentang angka ini. Salah satunya adalah mengena orang yang menjadi tumbal saat jam ini dibangun.

Terlepas benar dan tidaknya kabar yang beredar tersebut, namun jam Gadang merupakan kebangaan Bukit Tinggi dan Indonesia, karena konon kabarnya jam sejenis ini hanya ada dua jenis lho di dunia, yakni Big Ben di kota London dan Jam Gadang ini. Indonesia patut bangga memiliki jam gadang ini.

Jembatan Akar

Ingin melihat jembatan yang beda daripada yang lain? Datanglah ke Sungai Batang Bayan. Jembatan ini memang berfungsi layaknya jembatang lain, yakni menghubungkan desa Lubuk Silau degan Puluk-Puluk. Keunikan Sumatera Barat ada disini.

Jembatan ini sendiri memiliki panjang 25 meter dan lebar 1,5 meter dan dibuatd ari akar pohon beringin yang dianyam rapi. Pembuatannya bahkan memakan waktu hingga lebih dari Ā½ abad lo.

Kopi Dawa Daun

Jika mendengar nama minuman ini, mungkin kamu akan membayangkan kopi lezat khas Sumatera Barat yang memiliki citarasa berbeda. Namun, tenryata kopi dawa daun ini dibuat dari air rebusan daun kopi. Hmm, tentu akan memberikan rasa yang berbeda. Uniknya lagi, penyajian kopi dawa daun ini tidak menggunakan gelas, tetapi menggunakan tempurung kelapa.

Tradisi Maanta Pabukoan

Setiap daerah memiliki tradisi khasnya masing-masing, begitupunĀ  Sumatera Barat. Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi yang masih memiliki banyak tradisi khas yang telah dilakukan sejak jaman nenek moyang. Salah satunya Tradisi Maanta Pakuboan. Dalam tradisi ini, soreng menantu akan mengantarkan makanan kepada calon mertua saat bulan Ramadhan telah tiba. Inilah Keunikan Sumatera Barat lainnya.

Bukittinggi Ibukota Negara

Ibu kota negara kita Indonesia, ternyata tidak hanya terletak di Jakarta saja, tetapi ternyata kota Bukittinggi pernah menjadi ibukota negara di masa pemerintahan darurat RI di bulan Desember 1948. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya kota Bukittinggi.

Rendang

Kalau ini tidak usha dijelaskan nampaknya masyarakat sudah tahu kalau rendang adalah makanan yang tak tertandingi kelezatannya. Bahkan, rendang menduduki makanan terlezat di dunia versi CNN. Sebuah prestasi yang membanggakan bagi Indonesia. Pasti kamu pernah mencicipinya bukan?

Itulah keunikan Sumatera Barat yang wajib kamu tahu. Dengan mengetahui keunikannya, kamu pasti ingin mengunjungi tempat-tempat ini kan? Sumatera Barat memang cocok dijadikan destinasi wisata karena selain memiliki lokasi wisata yang menarik, budaya, dan orangnya rasanya membuat kita akan betah berlama-lama di kota ini. Apalagi jika sudah mencicipi makanan khasnya tentu akan menarik bukan?Rasanya tidak mau berhenti makan hehe.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *