Memilih Earphone Yang Tepat

Anda suka mendengarkan musik selama perjalanan Anda ke kantor? Anda suka mendengarkan musik selama Anda berolahraga? Tidak salahnya bagi Anda untuk memilih earphone sebagai teman Anda mendengarkan musik. Earphone yang tepat dapat membantu Anda untuk menikmati musik secara utuh. Ada banyak merek earphone yang dijual di pasaran, seperti Sennheiser, Beats, Harman Kardon, dsb.

18poxvlqdgllqjpg

Image by : Lifehacker.com

Memilih earphone yang baik bukan hanya sekedar memerhatikan merek penjual earphone tersebut. Pemahaman kita akan hal-hal teknis pada earphone tersebut akan membantu kita untuk menentukan jenis earphone yang tepat.

Berikut akan kami berikan tips n trik memilih earphone yang tepat untuk menemani Anda beraktivitas.

  1. Memilih jenis earphone: In-Ear dan Out-Ear

Memilih jenis earphone sangat menentukan kenyamanan dan kualitas suara yang dihasilkan. Ada dua jenis earphone yang ada di pasaran, yaitu earphone in-ear dan earphone out-ear (earbuds).

Earphone out-ear (earbuds) adalah tipe earphone standar yang dijual di pasaran. Jika Anda pernah menggunakan Walkman, maka earphone yang Anda gunakan adalah earphone dengan tipe ini. Harga mereka murah, ukuran yang kecil, dan memiliki kualitas suara yang baik. Tetapi jenis earphone ini memiliki banyak kelemahan, seperti kurangnya kemampuan untuk mengisolasi suara dari luar, ukuran yang sering kali tidak sesuai dengan telinga pendengar, rentang frekuensi yang tidak jauh, dan seringkali melukai daun telinga pendengarnya.

Sedangkan untuk earphone in-ear hadir dengan kemampuannya untuk mengisolasi suara luar yang lebih baik. Ukuran speaker yang kecil didukung dengan pembungkus karet atau silikon tipis memberikan rasa nyaman bagi mereka yang menggunakannya. Earphone dengan tipe ini dianjurkan untuk tidak digunakan lebih dari satu jam sehari.

  1. Memilih bentuk earphone

Memilih bentuk earphone juga sangat menentukan. Bentuk yang dimaksud adalah desain, warna, panjang kabel, jenis kabel, dsb. Hal ini dimaksudkan untuk menunjang kenyamanan selama mendengarkan lagu.

  1. Memperhatikan rentang frekuensi

Earphone yang baik adalah earphone yang memiliki rentang frekuensi yang besar. Semakin besar rentang frekuensi maka suara yang dihantarkan oleh earphone akan lebih baik.

  1. Memperhatikan sensitivitas earphone

Pernahkah Anda harus menaikkan volume sampai ke dalam batasan yang tertinggi ketika mendengarkan lagu di earphone? Jika Anda pernah mengalaminya, maka earphone Anda tidak memiliki kualitas yang baik.

Tips n trik mengenai pemilihan sensitivitas earphone adalah hal yang sangat penting untuk diketahui. Sensitivitas earphone diukur dalam hitungan SPL (Sound Pressure Level) yang diukur dalam satuan mW (mili Watt) atau desibel (dB). Semakin besar angka SPL yang ditampilkan, maka semakin besar frekuensi suara yang dihasilkan, sehingga kita tidak perlu lagi untuk mengatur lebih besar volume suara pada perangkat musik yang kita putar.

  1. Memperhatikan budget

Hal yang juga harus diperhitungkan adalah budget kita sendiri. Jika Anda ingin menikmati kualitas standar earphone, Anda harus merogoh kocek minimal Rp.200.000. Walau memang di lapangan, harga selalu menentukan kualitas barang yang ingin dibeli. Tetapi, untuk pembelian earphone,

  1. Rajin-rajinlah bertanya kepada penjual

Jika Anda bingung mengenai spesifikasi yang tepat untuk menbeli earphone, Anda wajib untuk rajin bertanya kepada penjual earphone. Akan lebih baik jika Anda membeli earphone pada toko yang bergaransi resmi. Hal ini dimaksudkan untuk menjamin keaslian earphone yang dijual oleh penjual.

Demikianlah tips n trik memilih earphone yang tepat sebagai panduan bagi Anda. Yang penting jadilah pembeli cerdas dengan teliti sebelum membeli ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *