Syahdunya Gemuruh Ombak Dan Sunset Keren Di Pantai Kesirat

Ini nih, salah satu pantai unik yang ada di Gunungkidul. Pantai ini bisa dibilang unik karena nggak ada tepian berpasirnya, berbeda dengan pantai-pantai yang ada di Gunungkidul yang biasanya memiliki tepian berpasir putih yang halus. Selain keunikannya, pantai ini juga sangat cantik dan menjadi salah satu spot terkeren yang ada di Gunungkidul untuk menikmati sunset. Di jamin kamu bakalan baper dan ketagihan buat datang kesini.

Image by https://jejakmatabackpacker.files.wordpress.com

Paket Wisata Komplit: Dari Fotografi, Memancing Hingga Camping

Pantai Kesirat terletak dihampir ujung barat Kabupaten Gunungkidul, tepatnya di Desa Girikarto, Panggang, Gunungkidul, Yogyakarta. Memasuki wilayah pantai, kamu akan dibuat terkagum-kagum dengan pemandangan pantai dari atas tebing. Gemuruh ombak yang menghempas karang dibawah kakimu akan membuat sensasi tersendiri di hati kamu yang menikmatinya.  Saat menjelang sore, sebaiknya kamu mulai mencari tempat yang nyaman untuk menunggu detik-detik matahari terbenam.

Di tebing pantai kesirat ini ada sebuah pohon yang berdiri sendiri dibibir tebing. Oleh para wisatawan yang banyak berkunjung ke Pantai Kesirat, pohon ini kemudian sering disebut sebagai Pohon Abadi. Dibelakangnya terhampar tanah berumput yang cukup luas. Spot inilah yang paling menarik dan keren kalau kamu ingin mengabadikan momen kamu bersama teman-teman. Spot ini banyak menjadi incaran, loh. Banyak yang datang ke Pantai ini untuk memotret, baik pemandangan yang natural, hingga untuk preweding. Mulai dari fotografer amatiran hingga profesional.

Pantai ini juga cocok untuk kamu yang suka nge-camp. Suara gemuruh ombak yang memecah di tebing pantai pastinya bisa menjadi lagu pengantar tidur yang nggak terlupakan untukmu. Sambil menikmati secangkir kopi dan api unggun, kamu bisa bawa gitar dan nyanyi-nyanyi sama sahabat-sahabat kamu ditemani angkasa luas. Keren deh!

Image by http://www.1001wisata.com

Nah, untuk kamu yang hobby mancing, pantai ini juga bisa menjadi salah satu spot favorit kamu, loh. Nggak disangka ya, ternyata selain memiliki keindahan yang membuat pengunjungnya serasa di adegan film-film romantis, pantai ini juga menyimpan kekayaan alam yang beraneka macam.Beragam jenis ikan bisa kamu dapatkan disini. Apalagi untuk kamu penggemar rock fishing, nggak tergantikan sensasinya. Kalau kamu lagi beruntung, kamu mungkin juga bisa memancing di spot terbaik Pantai Kesirat yang terletak di tebing bagian selatan pantai yang diatasnya berdiri sebuah pondok untuk kenyamanan memancing.

Menurut para pemancing di Pantai Kesirat, ada berbagai jenis ikan yang hidup di perairan ini. Bahkan mereka pernah melihat paus, lumba-lumba, bahkan hiu tutul ketika musim migrasi ikan-ikan ini. Pada kenyataannya, pantai ini memang termasuk dalam kawasan kekuasaan beberapa jenis paus dan menjadi jalur migrasi paus-paus ini.

Meskipun pantai ini banyak dikunjungi wisatawan dari luar daerah, namun adat dan budaya desa ini masih terjaga hingga saat ini. Setiap tahunnya, masyarakat setempat akan menggelar upacara adat brubuh-brubuh, yaitu salah satu tradisi untuk mengungkapkan rasa syukur masyarakat.  Masyarakat desa ini selalu menjaga lingkungan mereka diantaranya dengan tidak sembarangan menebang pohon. Mereka hanya menebang pohon saat musim panen padi tiba. Unik, kan?

Tiket Masuk

Sama seperti aneka wisata di Kabupaten Gunungkidul lainnya, kamu nggak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk menikmati sunset sampai baper di pantai yang satu ini. Cukup membayar jasa parkir 2 ribu rupiah untuk sepeda motor dan 5 ribu rupiah untuk mobil serta tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah saja. Murah meriah kan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *